Monday, November 10, 2014

Free Gift Oktober 2014 - BATIK CANTIK




pagi sewing lovers....
jangan lupa ikutan "Free Gift Oktober 2014" 

temanya Batik Cantik

ini hadiahnya untuk Free Gift Oktober 2014

Tas tempat mesin jahit portable dari BROTHER




Caranya gampang kok :


1. foto hasil jahitan sendiri, boleh baju boleh craft yang memakai bahan dari batik dan di buat berdasarkan pola/tutorial/ebook/buku dari Tatiana Vidi

2.like fp tatiana vidi sewing classdan upload foto tersebut ke fp : Tatiana Vidi sewing class

3. saya akan pindahkan foto peserta ke dalam album : Free gift Oktober 2014

4. Setelah foto ada di album, peserta harus memberi komen / tulisan bagaimana membuat hasil tersebut minimal 10 kalimat yaaa ... 
sebutkan batiknya berasal dari daerah mana, trus apa nama motifnya, cerita proses pembuatannya, kesulitan dan kemudahannya dimana , lalu sebutkan pakai pola dari ebook atau e tutorial atau free tuturial ya ..

Misalnya : Dress ini saya buat berdasarkan pola dari e tutorial yang saya beli dari mba Vidi,batiknya batik Cirebon / Solo / Pekalongan ...dst , motifnya mega mendung, parang, jumputan dst .. 

polanya gampang di mengerti, walaupun jahitan belum rapih tapi saya bangga bisa bikin dress sendiri .... dst dst ...hihi ... kata katanya terseraaah yaa ...

5. setiap foto akan saya beri nomer

6. Nomer tersebut akan di undi di Tatiana Vidi sewing class pada hari yang di tentukan, di saksikan teman teman yang sedang kursus ....

7. yang belum berhasil ga boleh kecewa lhooo ... bulan depan ikutan lagi yaaa ..

8. free gift akan di kirim via JNE ( ongkir tanggung ndiriiii ... )

9. 1 peserta 1 foto yaaa ...

10 ... terakhirrr niihh ... batas waktu 30 oktober 2014


Selamat menjahiit ... selamat berpose riaaa ... selamat mengaraaang yaaaaa ..

Buat yang rajiiiinn ikutan Free Gift sebanyak 9 x


di bulan 9 tahun 2015
akan di ikut sertakan Free Gift September 2015 dengan hadiah ini lhoooo .... 
innovis 15p




seruuuu yaaa ...


tapi ini khusus buat yang rajiiiin lhooo
yuuukkk jangan ketinggalan ikutan rajiiin yaa ....



 1. Nunik Elryani 



1. 
ini salah satu batik kesayangan, 

di kasih bunda 3 tahun yg lalu ,

batik printing dari cirebon, 

bentuknya sarung tapi bhannya agak kaku,
jdi bingung mw di apain. 

padahal suka bnget motif sama kombinasi warnanya...

pas liat di Asyiknya Menjahit, 
banyak yg penjahit pemula bisa bikin macem2, 

akhirnya coba berkunjung k blognya mba Tatiana nemu deh free tutorial dompet kosmetik 
yg bikinnya simple bnget dan langsung bisa di praktekin. 

sisa kaiinnya mau di bikin tas sama dompet...
hihi asyiknya menjahit ....

batik kesayangan jadi makin di sayaaang.....






2.    Hermawati Lucy 




Alhamdulillah, 

rok batik ini kelar dlm waktu sehari loh, 

awalnya gak sengaja mampir ke rumah batik Harni (gara2 batal ke Tamcit)...

setelah explorasi, 
nemu kain batik Pekalongan dg motif Ratu Daun Kresna, 

lalu gue buat rok A line menggunakan pola dari TatianaVidi (tempat les jahit ku), 

sizenya... hmmmm kasih tahu g yaa 
big size hehe... 

trus yg paling gue suka waktu proses pembuatannya, banyak tantangan, pake mikir dikit 
gara2 motif si kain nii...

mulai dari taruh pola di kain batik, pasang furing, pasang ban pinggang dan karet di pinggir kanan kiri, 

nah yg terakhir ini buat gue agak ribet krn sering kurang kerutannya, so bolakbalik dedel dah.. 

but it's ok, begitulah proses belajar, 
lama2 jd paham, 

btw @Mb Vidi, mau daftar ikutan "Batik Cantik" nya 

yaaa thankyou so much



















5. Reka Ai



Ini adalah hasil karya saya setelah pertama kali mengikuti kelas ibu Vidi.. 
bahan yang digunakan batik tulis madura motif pekandangan. 

Kesulitan? 
yang jelas deg-degan karena saat itu baru pertama kali 
nyentuh MJP di dalam kelas..
masih kagok dan kaku. 

Tapi berhubung sang tutor dan mba asisten selalu siap sedia, 
rasanya jadi menyenangkan. 

Empat jam tidak terasa... 

Makasih Bu Vidi

*pengen ikutan kelas lagi biar lancar*




6. Novika Rohana



Kemeja batik karya pertama saya untuk suami tercinta, 

makasih mbak Tatiana atas tutorialnya, 

tutorial2nya sangat mudah untuk diikuti 

meskipun ga kursus menjahit...




 7. Lestari Dewi

Mba vidi Asyiknya Menjahit, saya ikutan free gift oktober ya 


Yg ini bikin half circle skirt dg modifikasi tutorialnya mba yg ini 



beberapa hari lalu, ga sengaja aku liat mba vidi Asyiknya Menjahit 
ngadain acara ini. 

Kebetulan tema free gift kali ini adalah batik, 
passss banget aku masih "rasan-rasan" kepengen bikin bawahan batik
 buat padanan kebaya merah itu.


Biasanya sih,si merah kupake bareng sarung encim yg dililit2in 
gaya bapak2 mau ronda itu. 

Tapi kok ya ribet kl ikut misa gereja kudu pake sarung, 
ngeri bayangin kl sarungnya melorot pas sujud hahahahaaa.... 

Sementara dress batik yg kupunya kurang cocok kl dipadankan dg si merah. 

Kebetulan banget kan, sekali mendayung ketemu putri duyung, 
eh, maksudnya sekali jahit, 2 keinginan terlaksana. 

Bikin pasangan buat si merah & bikin peluang dapetin mesin jahit, 
yipiiieee....

Kali ini, aku sengaja pilih motif klasik, 
dgn warna netral, sogan & putih. 

Agar bisa dipadankan dg kebaya (nanti kalo bikin lagi :p) 
& blus2 yg kupunya. 

Kainnya sendiri kupake kain batik cap batangan. 

Berbeda dengan kain batik khas pesisir yang biasanya didominasi warna cerah, batik khas batang ini biasanya cuma terdiri dari 2-3 warna, 
sogan-putih dg bercak2 hitam, atau biru-putih dg bercak2 biru yg lbh tua. 

Dan sepanjang yg kulihat, batik batangan ini biasanya 
mengambil motif2 klasik jogja/solo spt liris, parang & kawung.

Rok ini kubuat dengan panduan dr tutorial circle skirt nta mba vidi lho...dg sedikit otak-atik biar hasilnya cuma setengah lingkaran tentunya.

Soal kesulitan bikin project ini, 
ga ada lah.... 

Justru krn tutorial mba vidi ini, aku ga takut lagi bikin circle skirt.

Terus terang, banyak tutorial circle skirt bertebaran di dunia maya, 
baik tutorial lokal maupun interlokal. 

Tapi, aku blm tertarik buat praktekin krn ga bisa bikin pola lingkaran sempurna.

 Nah, di tutorial mba vidi ini ada tips yg jitu buat orang2 sepertiku. 

Terbukti kok, hasilnya ga panjang pendek gitu 

Terima kasih buat mba vidi yg ga segan2 berbagi ilmu 


Terima kasih mba 








9. Ummu Hugeng Arif



Akhirnya selesai juga.....

Dari batik yg di punya 3thn lalu, 
sepertinya sih batik peklongan, 
karena dah lama belinya jadi lupa hehehe. 

Untuk motif saya kurang paham ini motif apa.
Di buat dengan e-tutorial yg juga udah lama banget disimpan 
tapi blm pernah sempat dicoba. 
Senang waktu nemu e-tutorial ini karena pengen banget punya baju sexy hihihi.....

Buatnya juga ga ribet....
tadinya rada malas mo buat polanya, 
eh mba vidi ngadain free gift jadi ikutan deh. 

Ternyata bikin polanya ga susah hehehe......
sehari juga selesai nih baju yg disambi ngerjain kerjaan rmh tangga, 
sempat dedel cuma karena ga merhatiin tutorial aja pas pasang bagian atas.....

Ini ceritaku bikin baju dr e-tutorialnya mba vidi yg simpel n mudah....
makasih ya mba vidi, akhirnya bisa bikin sendiri n yg pasti bikin senang suami 
hehehe.....karena di rumah ga melulu pake oblong hehehe.....




10. Sri Purwatmiyanti 


saya adalah penjahit amatiran yang belum pede 
kalo diminta membuat baju untuk orang lain. 
Saya banyak mendapat ilmu baru dari fp Tatiana Vidi sewing class 
walaupn saya jarang komentar, 
tapi saya menyimak dengan setia. 

Saya memcoba untuk ikutan "Free Gift Oktober 2014". 
Kain yang saya gunakan ini adalah Katun dengan motif Rangrang. 
Motif Rangrang ini adalah motif tenun khas Bali 
dan sekarang ada di Lombok juga. 

Saya pilih yang katun karena memang jauh lebih murah 
dibandingkan dengan yang tenunan asli. 

Dalam proses menjahitnya, 

yang agak memnyita konsentrasi adalah memasang resleting jepang 
di bagian belakang. 

Tapi memang sudah dasarnya sudah hobi, 
kalau belum selesai buat bajunya, suka kepikiran terus..... 

Semoga yang sering share ilmu menjahitnya disini, 
menjadi amal jariah dan kebaikan buat semuanya..... 

terimakasih mba Vidi







11 Komaryatun Jaelani



 Untuk event Free Gift Oktober 2014 
yg mngusung tema Batik Cantik ini 
saya coba membuat pouch dan tote bag. 

Pola yg dipakai untuk membuat pouch dan tote bag ini 
sy peroleh saat mengikuti work shop dari Tatiana Vidi sewwing class di depok. 

Batik yg sayagunakan batik pekalongan 
motif parang ditambah renda senada 
guna mempercantik pouch dan tote bag itu. 

Pola dan workshop yg diberikan Tatiana Vidi sangat mudah dipahami 
sehingga sy tidak menemui kesulitan yg berarti. 

Jahitan saya yg blm rapi jg tidak terlihat krn teknik pelapis dalam 
seperti yg dicontohkan saat workshop. 

Pokoknya membuat pouch dan tote bag menjadi amat mudah 
dan mengasyikkan sekali. 

Makasih bnyk yang mba vidi. 

Dtunggu workshop berikutnya ^^



12. Astrid Gita




Maju mundur..Maju mundur.. Cantik..Cantik...  


Hehe..maksudnya waktu bikin blouse batik ini, 
jahitnya maju mundur..maju mundur... 

Ketika si baby cantikku nangis..
aku mundur dulu dari ngejahit..
trus si baby udah bobo..maju lagi deh jahitannya..

Jadinya sesuatuuu banget..hihi

Kain batik ini jenis batik BALINAN.. 

Polanya pakai pola dari mbak Vidi..  

Ceritanya mau pecah pola.. 
Tapi yg ada kepala pecah..haha...
salah gunting muluuu.. 

Maklum..pemula..pemula..

But i'm feel happy...eh I mean.. I feel happy.. 

Hihi.. 
Maju terus teman2 cantik.. 
Ga usah pake mundur dalam berkreasi ya... 

Cemunguuthh..




13. Devi Ana



Dear mbak Tatiana dan teman2,
Ikutan free gift oktober 2014 ni 


Ini adalah jahitan pertama saya,

kemeja yang agak rumit [pake kancing dan krah]
jadi saya pilih stok kain batik yang murmer aja hehe.

Saya pake batik print tasik,
warnanya ceria dan harganya pun terjangkau.

Motifnya sangat beragam,
mulai motif batik klasik seperti kawung, mega mendung, truntum,
dll sampai motif unik seperti payung, sepeda, bahkan domba shaun the sheep.

 Kain warna-warni ini udah cukup lama saya simpan,
sampai minggu lalu baca 'tantangan' jahit bertema batik
di fanpage Tatiana Vidi,
nah saya pun memilih kain biru motif kawung dipadu kain kuning motif huruf "V"...
saya juga segera memesan e-tutorial kemeja anak dari Mbak tatiana
dan mulai mempelajari pelan-pelan.

Ternyata tutorialnya sangat gampang dipahami penjahit pemula seperti saya.
Sambil sesekali liat laptop, saya buat pola dasarnya di kertas kado,
lalu disalin ke kain, lanjut dipotong, lalu mulai jahit sesuai step-step
yang diajarkan di e-tutorialnya.

Satu kemeja ini selesai dalam waktu sekitar 10 jam,
disambi ngurus anak + jualan juga hehe.

Thanks tutorialnya mbak, sangat bermanfaat untuk pemula spt saya 




14.Nana Yohana, ikutan yang ke 2



 Awal mula ketemu sama fpnya mbak vidi detailnya uda aku ceritain 
waktu aku ikutan yg free gift september, 
jadi aku mo ceritain nih knp aku bikin baji batik ini.. 


Jadi anakku yang umurnya 2,5 th baru aku masukin ke paud.. 
D paudnya cm d kasih seragam kaos olahraga, 
tp d setiap hari rabu harus pake batik, 
padahal anakku cm pnya 1 batik yang sarmbitan ma ayah bundanya..



Akhirnya berbekal e tuto dari bukunya mbak vidi yg preety in pink 
jadi deh dress batik buat anal saya sekolah..



Ga pake ribet gampang bgt bikinnya.. 



Makasih ma vidi., 




15  Erni rusdani



Pas baca status Asyiknya Menjahit mau ada free gift lagi 
panik bukan kepalang mau bikin apa. 

Trus ternyata bahannya harus motif batik malah tambah panik. 
Mana deadline semakin dekat jadi panik beneran.


Minta ide sama mantan pacar Mochammad Rizqon
trus dibilangin pakai batik Abi yang sudah kekecilan saja. 

Wah senangnya bukan main. 
Langsung deh dipola dan digunting. 

Tapi sayang masih bisa buatnya tas kosmetik aja  
dengan sedikit tambahan ada talinya itupun dari tali yang sudah gak terpakai.



Judulnya Daur Ulang deh maka jadilah 

Tas Kosmetik Batik Pekalongan 




16. Dorres Manullang






17. Neni Yulianita  




Blouse ini memakai bahan dasar kain batik dr Solo. 

Awalnya bingung mau dibikin model seperti apa 
karena requestnya supaya kalo dipakai nggak kelihatan gemuk 
karena motifnya rame yaitu mega mendung. 

Cari2 inspirasi lihat buku ' Blouse cantik ' nya mbak Tatiana vidi ,
seperti biasa ambil pola -pola yg mudah dibuat. 

Lengan dibuat dari bahan polos satin, 
jadi kelihatan makin elegan. 

Customer pun puas, 

Alhamdulillah.....



18.



huuffh..alhamdulillah akhirnya "yarn pouch" bisa ter upload..
pouch tempat benang dengan aplikasi kain perca batik 
yang baru aja saya jahit jam 8pm. tadi. 
karena aktifitas full pagi sore dan dalam minggu- minggu akhir ini, 

jadi baru bisa potong pola tadi siang usai pulang SD. 
awalnya mau bikin clock skirt karena tidak punya stok kain batik 
dan tidak sempat keluar ke toko 
jadi pilah-pilah kain perca dan nemunya kalau batik 
cuman perca sisa seragam mengajar. 
kecil pula ukurannya. 

akhirnya cuman bisa buat kombinasi. 
kain blaco cream juga perca sisa bikin kanvas. 
memutuskan bikin pouch karena kain yg ada hanya perca-perca ukuran kecil 
dan resleting yg ada ukurannya cuman 20cm 
dan warna yg cocok cuman ada coklat tua. 

tik-utak-atik ide akhirnya bikin pouch vertikal 
yg fungsinya buat isi benang rajut,hook dan alat rajut 
yg bisa saya bawa kemana-mana karena saya tambah handle. 

pada dasarnya saya mengambil pola cosmetic pouch mbak Vidi 
cuman saya sesuaikan ukuran yg sesuai dengan fungsi pouch yg saya idamkan.


motif kain batik tulis ini kambium pohon dandedaunan. 
akan tetapimohon maaf 
saya. kurangfaham asal batiknya. 

adapunkesulitan yg saya alami tadiketika menjahit menggabungkan 
outer ygsaya lapisi busa angin karena saya tidak memberi tanda garis 
pada busa angin jadi jehilangan jejak dan hanya dikira-kira saja.

semoga karya ini bermanfaatbagi 
teman-teman terutamaperajut. 

ups..pouch ini jugamultifungsi lho..
bisa buat tumbler casing

salam bee smart n creative,

izzah(creative-bee)



19. Hanna Setyawati  






20. Erma T  



Saat berlibur kjkt n mampir kpusat buku2 
aq nemuin buku mb tatiana yg praktis n mudah dfahami.

suatu waktu darisan km dminta mbuat sragam tp dgn model bebas, 
langsung dech q pake pola blus d buku' beautiful blouse' 

pola kerah kemeja q pangkas atasny u jd kerah sanghai.tara....
inilah hasilny blus pas dbadan nyaman dkenakn.

tq mb tatiana polany ok punya lo...














22. Megawati Iffah


Batik ini adalah asli dari Banyuwangi, 
namanya Batik Gajah Uling. 

Kalau dilihat ada bentuk seperti belalai gajahnya. 
Pada saat berkunjung ke tokonya, 
diceritakan bahwa Gajah Uling itu ada artinya. 

Gajah artinya besar, 
uling dari bahasa jawa ‘eling’ yang artinya ingat. 

Jadi dengan memakai batik ini kita jadi selalu ingat 
kepada yang mahabesar yaitu Tuhan. 

Pada saat jadwal kursus jahitku yang ke 4, 
aku buatlah dress batik menggunakan kain batik Gajah Uling. 

Mba Vidi mengajari aku untuk mencetak pola 
dan model yang ini harus pecah pola, bagian badan dan lengan. 

Dibagian leher dijahit dengan bis ban hitam, 
yang jahitnya lumayan perlu perhatian khusus, 
mesti konsentrasi jahit dipinggir 
agar rapi dan menggunakan speed yang lebih pelan. 

Setelah jadi dan di coba, karena sedikit longgar…
di jahit karet dibagian belakang dressnya, 
cara jahitnya ditarik sambil dijahit. 

Dan akhirnya jadilah dress batik Gajah Ulingku 
yang siap kupakai. 

Terima kasih ya Bu Guruku ;p

























































No comments:

Post a Comment