Monday, July 14, 2014

Pecah pola - 1 Tunik

Senin, 14 Juli 2014
BSD City - Serpong 


I love mondaaayy ...


Waahh ga terasa udah Senin lagi ya
dan sudah melewati separuh bulan Ramadhan

Pastinya sudah banyak yang siap siap 
untuk menyambut hari yang Fitri nanti yaaa .. 

Buat sewing lover yang super kreatif 
kali ini kita akan bersama sama 
membahas cara pecah pola untuk membuat tunik

Tunik yang akan kita buat  modelnya simple 
tapi dengan sedikit sentuhan ide ide cemerlang sewing lovers ...
pasti hasilnya akan berbeda satu sama lain

Dengan bahan putih bersih 
tunik ini pasti cantik untuk sholat Ied nanti 
atau dengan bahan warna cerah ditambah renda 
tunik ini akan kelihatan anggun untuk bersilaturahmi 

yuukk ... sama sama berkreasi ...




Pertama kita harus membuat pola dasarnya terlebih dahulu 

Untuk tunik kali ini saya akan memakai pola dari 
buku Little Black Dress karangan saya ya ... 

Yang belum punya bukunya bisa 
sms/ wasap ke 081386499923 






Untuk pecah pola kali ini 
saya akan pakai ukuran saya sendiri ....
hihihi...... soalnya saya juga mau buat baju baru 
buat silaturahmi kerumah saudara dan teman teman saya

Ukuran saya : 
Lda / lingkar dada       84 cm 
Lpi / lingkar pinggang 72 cm
Lpa /  lingkar panggul  96 cm

waahh ... ga standard banget yaaa .. 
ga apa apa nanti bisa kita rubah polanya 
supaya sesuai dengan ukuran kita masing masing 

Untuk menentukan pola size berapa 
yang akan kita buat  

pertama yang harus dilihat adalah L da nya
Usahakan bahwa lingkar dada tidak di rubah, 
jadi kita ambil size yang Lda nya masuk 
dengan ukuran L da  kita 

Contohnya saya, karena L da saya 84 cm
jadi size yang saya ambil adalah size S 
karena memang pas ukuran L da nya 
sedangkan Lpi dan Lpa bisa di sesuaikan 

Misalnya untuk L da 90 cm musti ambil M atau L ya ? 
Sebaiknya ambil size L saja 
karena kalau pakai size M 
nanti dadanya ga muat yaaa ..




Langkah selanjutnya adalah membuat pola badan depan ukuran S 
ikuti langkah langkahnya pada buku LBD 

Kemudian pola standar tadi akan kita rubah 
sesuai dengan model yang kita inginkan 



Kita akan rubah pola depannya dulu 

Untuk tunik depan saya tidak mau pakai kupnat 
supaya agak longgar, 
jadi kupnatnya saya buang 
Tapi bentuk pinggang masih tetap 
jadi ga terlalu longgar juga sih .. 

Kemudian panjang nya tunik kira kira sampai diatas lutut 
saya ukur sekitar 30 cm dari pinggang,  bikin garisnya 
Dari batas bawah tunik saya tambah 3 cm 
supaya tidak terlalu sempit, tarik garis sampai pinggang 

Untuk lehernya saya turunkan 5 cm dan 
kekiri 3 cm perhatikan pola di atas 

Anda bisa merubah ukuran diatas 
sesuai dengan keinginan dan model yang Anda punya 

Bagian yang jangan di rubah adalah kerung lengannya yaa 



Setelah selesai merubah pola, 
gunting pola pada spunbond

 Hasilnya akan seperti foto diatas

Seperti biasa jangan lupa memberi nama pada polanya yaa ...


Untuk pola tunik bagian belakang 
sama tetap akan memakai kupnat, 
jadi kupnat ga di buang 
panjangnya harus sama 30 cm dari lingkar pinggang 
pakai retsleting belakang 

Panjang pendek pola bisa disesuaikan 

Bagian yang jangan di rubah adalah kerung lengannya




gunting pola pada spunbond
 Hasilnya akan seperti foto diatas



Untuk lengannya saya bikin 3/4 saja 
sedangkan lebar bawah lengan saya akan lebarkan sedikit 
yaitu 3 cm ke kiri dan ke kanan 

Panjang pendak lengan dan lebar bawah lengan 
bisa di rubah sesuai dengan model 
tapi kerung lengan jangan di rubah ya .. 

Langkah selanjutnya adalah 
menggunting bahan sesuai dengan pola


1. badan depan tunik
2. badan belakang ( 2 lembar )
3. lengan ( 2 lembar ) 




Jahit retsleting pada badan belakang tunik



Jahit badan depan dan badan belakang pada bahu
Pasang lengan 
Pasang lapisannya 

Perhatikan lapisannya





Setelah hampir selesai, 
ternyata tunik saya agak kurang panjang 

Waahhhh sewing lovers pantang panik niihh ... 
cari cari bahan buat nambahin panjangnya 
saya pilih polkadot kecil warna merah 

Panjangg blus saya tambah 12 cm lagi 
untuk lengannya saya tambah juga  2 cm supaya lebih manis 



Jadi lebih manis ya tuniknya 
Besok mau di pakai niih buat ngajaaar  ..




Mulai sekarang Vito udah ga mau diantar sekolah lagi 

Udah kelasa 2 SMA maaa .. 
aku mau naik motor sendiri 

Oke laaahh deee... asal hati hati ya 

Yeeeyyyy punya waktu luang lebih lama lagi di pagi hari 
semoga tutorial2nya makin cepet selesai yaa




Selamat berkreasi 


Tatiana Vidi Sulastoro 

No comments:

Post a Comment